HONDA BeAT keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) ini, masih jadi motor sejuta umat di Indonesia. Sesama skubek Honda pun, penjualan BeAT series menjadi yang tertinggi pada tahun 2017 lalu. BeAT sendiri memiliki tiga varian utama yakni BeAT eSP, BeAT POP eSP dan BeAT Street eSP. Ketiganya dibanderol Rp 15,1 juta hingga 15,8 juta untuk varian tertinggi yakni BeAT Street. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) data distribusi BeAT series hingga Desember 2017 ini menguasai 50,4 persen jika dibandingkan dengan total distribusi skubek Honda. Ketiga varian tersebut memiliki spesifikasi yang sama untuk mesinnya. Mesin satu silinder 4 tak SOHC dengan kapasitas 108,2 cc masih jadi andalan BeAT sejak pertama kali diluncurkan. “BeAT paling pas untuk kendaraan seharihari, terutama untuk beraktivitas di Jakarta.
Mesinnya bandel, irit dan spare part murah jadi alasan kenapa motor ini banyak dipakai,” ucap Alfi Januardi, pengguna BeAT keluaran 2016. Fitur yang dimilik Honda BeAT, sebetulnya tidak cukup banyak. Sebagai skubek sejuta umat, dibekali ban tubeless, eco indikator, combi brake system (CBS), starter ACG, idling stop system (ISS) dan parking brake lock merupakan fitur andalan. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya irit, rata-rata mencapai 60 km/liter. “BeAT sendiri, terutama generasi injeksi paling jarang mendapatkan masalah di area mesin, selama servis berkala dilakukan. Kalau masalah standar tengah yang gampang penyok atau melengkung, itu biasanya akibat kesalahan penggunanya. Cara perbaikan juga mudah, dengan cara dipanaskan atau dilas supaya lurus lagi,” ucap Timbul Suwardi, kepala mekanik dealer Wahana Makmur Sejati di Gunung Sahari, Jakarta Pusat
SPESIFIKASI :Tipe mesin : 4 Langkah, SOHC dengan Pendinginan Udara, eSP
Volume langkah : 108,2 cc
Sistem suplai bahan bakar : Injeksi (PGM-FI)
Diameter x langkah : 50 x 55,1 mm
Tipe tranmisi : Otomatis, V-Matic
Rasio kompresi : 9,5 : 1
Daya maksimum : 6,38 KW (8,68 PS)/7.500 rpm
Torsi maksimum : 9,01 N.m (0,92 kgf.m)/6.500 rpm
Tipe starter : ACG Starter, Pedal & Elektrik
Tipe kopling : Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Tipe rangka Tipe suspensi depan | : Tulang Punggung : Teleskopik | |
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal | ||
Ukuran ban depan Ukuran ban belakang Rem depan Rem belakang Sistem pengereman | : 80/90 - 14 M/C 40P - Tubeless : 90/90 - 14 M/C 46P - Tubeless : Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal : Tromol : Standar (Tipe CW), Combi Brake System (Tipe CBS dan CBS-ISS) | |
Panjang x lebar x tinggi : 1.856 x 666 x 1.068 mm | ||
Tinggi tempat duduk Jarak sumbu roda | : 740 mm : 1.256 mm | |
Jarak terendah ke tanah : 146 mm | ||
Curb weight Kapasitas tangki | : 92kg (Tipe CW), 93kg (Tipe CBS dan CBS-ISS) : 4,0 liter | |
Kapasitas minyak pelumas : 0,7 liter pada Penggantian Periodik | ||
Tipe baterai atau aki | : Baterai 12V-3Ah, Tipe MF (Tipe CW dan CBS), Baterai 12V-5Ah, Tipe MF (Tipe CBS-ISS) : Full Transisterized, Baterai : NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9 | |
Sistem pengapian Tipe busi HARGA PART FAST MOVING
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar