Rabu, 31 Oktober 2018

Beli Tiket Kereta Api Sekarang Lebih Mudah

Beli Tiket Kereta Api Sekarang Lebih Mudah

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, untuk memberikan layanan kemudahan dalam transaksi pembelian tiket kereta api. Dalam hal ini, BRI memberikan layanan Cash Card, dan BNI memberikan layanan yap! (Your All Payment) serta UnikQu. menggandeng PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk memberikan layanan Cash Card. Kerja sama tersebut merupakan upaya strategis BRI untuk mempermudah KAI dalam meningkatkan efektifitasnya dan efisiensi dalam struktur keuangannya secara keseluruhan melalui cash management system BRI. Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, berdasarkan perjanjian yang disepakati pada bulan Agustus lalu, kerjasama tersebut juga berupaya untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan KAI dalam melakukan transaksi pembelian tiket perjalanan moda transportasi yang dikelola oleh KAI. Hanya dengan menggunakan sumber dana produk T-Bank pada aplikasi KAI Access, pelanggan dapat secara mudah, cepat, dan aman membeli tiket perjalanan untuk kebutuhan transportasi mereka. “Dengan kerjasama strategi ini, kami yakin BRI dan KAI dapat bersinergi guna mendukung dan mengembangkan layanan bisnis terbaik bagi masyarakat luas. Melalui kerjasama ini, kami juga berharap terciptanya pengembangan bisnis baru terkait peningkatan kapasitas layanan dan bisnis di masing-masing pihak,” ungkap Handayani dalam keterangan resmi yang diterima Investor Daily, Senin (1/10).


Adapun, sebelumnya perseroan juga telah menjalin kerjasama dengan KAI dengan menerbitkan Kar tu BUMN bagi pegawai KAI, pada Juli tahun lalu. Kolaborasi antar perusahaan BUMN diharapkan dapat memberikan added value yang dapat dirasakan oleh tak hanya perusahaan masing-masing, namun juga oleh masyarakat. Sementara itu, Direktur Bisnis Korporasi BRI Mohammad Ir fan mengatakan, kerjasama tersebut sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong terciptanya sinergitas antar perusahaan BUMN, demi efisiensi dan efektifitas bisnis perusahaan. “Kami siap melayani PT KAI melalui layanan perbankan yang terintegrasi dari hulu ke hilir untuk semua pegawai PT KAI di seluruh Indonesia,” ujar Irfan. (nid JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menandatangani kerjasama integrasi layanan yap! UnikQu pada aplikasi KAI Access. Melalui kerjasama tersebut, pengguna aplikasi KAI Access akan mendapatkan kemudahan pembayaran tiket kereta api. Aktivasi layanan yap! UnikQu juga dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, sehingga aplikasi yap! ini dapat dimanfaatkan baik oleh nasabah maupun non nasabah BNI.



Hal tersebut dimungkinkan dengan telah terhubungnya dua aplikasi dari dua perusahaan yang berasal dari dua industri berbeda itu, yaitu aplikasi KAI Access milik KAI dengan aplikasi yap! dari BNI. Kerjasama antara kedua BUMN tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dan Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro. “Pengguna KAI Access cukup melakukan pemesanan tiket dari aplikasi tersebut dan melakukan pembayaran menggunakan sumber dana yang terhubung dengan aplikasi yap! UnikQu,” kata Adi Sulistyowati atau yang akrab disapa Susi dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily. Menurut dia, transaksi tersebut dilindungi oleh sistem keamanan berlapis, yaitu keharusan untuk menggunakan Nomor Identifikasi Personal (PIN) sebanyak enam digit yang diketahui hanya oleh pengguna dan pemilik akun. Kemudian, pada saat pembayaran akan dilakukan, mereka juga masih harus memasukan PIN sumber dana yang terhubung dengan aplikasi yap! ini, termasuk UnikQu (atau fasilitas pembayaran elektronik BNI). Dengan begitu pembelian tiket dapat dilakukan melalui satu aplikasi sehingga memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah, cepat dan aman. Selain itu, pada kerjasama ini BNI juga menerbitkan kartu TapCash special design Railpay.

 “TapCash ini tentunya akan memudahkan konsumen untuk melakukan berbagai macam transaksi mulai dari pembayaran transportasi, seluruh jalan tol, belanja di merchant retail, dan berbagai kegunaan lain,” ujar dia. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari sinergi BUMN yang telah terjalin antara BNI dan KAI. Kerjasama BNI dan KAI diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada konsumen dan memperkuat bisnis kedua belah pihak. Susi mengatakan, penerapan yap! UnikQu pada KAI Access merupakan salah satu upaya memperkuat Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan Bank Indonesia (BI), sekaligus memberikan pengalaman bertransaksi yang semakin mudah. Aplikasi yap! bahkan memungkinkan transaksi pembayaran tiket KAI tidak lagi memerlukan kartu (cardless). Kartu Debit BNI dan Kartu Kredit BNI yang dimiliki oleh calon penumpang dapat didaftarkan ke aplikasi yap! sebagai sumber dana. Non nasabah BNI tetap dapat bertransaksi dengan yap! melalui UnikQu atau uang elektronik BNI yang bersistem top up. Virtual Account untuk KAI Pada kesempatan yang sama, BNI dan KAI juga menandatangani PKS terkait Layanan BNI Virtual Account Debit Kredit untuk pembayaran uang muka dinas para pegawai KAI. “Dukungan BNI terhadap GNNT juga berlaku di dalam lingkungan internal KAI dengan adanya Kartu BNI Virtual Account Debit (VA Debit) untuk keperluan pembayaran uang muka dinas pegawai KAI yang sebelumnya harus dilakukan menggunakan uang tunai atau transfer ke rekening pribadi,” jelas dia. Kartu VA debit BNI tersebut, lanjut Susi, terafiliasi kepada satu rekening giro KAI, sehingga cash flow dari perusahaan dapat tercatat dan termonitor dengan baik. Dengan demikian, BNI turut membangun cashless society dengan segala kemudahan produk dan layanannya. Kartu VA Debit BNI tersebut juga dapat digunakan di channel seperti mesin electronic data capture (EDC) BNI dan ATM BNI ataupun bank lain, BNI internet banking, dan kantor cabang BNI. Laporan yang diberikan realtime, akurat, dan terintegrasi. Sebelumnya, BNI telah memberikan berbagai produk dan layanan lainnya untuk KAI yang meliputi kredit bilateral modal kerja (KMK), kredit sindikasi, BNI giro, BNI deposito, cash management (BNI Direct, bill payment, pick up service, eTax), penempatan mesin EDC, e-ticketing, Kartu ID BUMN Pegawai PT KAI, Penyaluran gaji melalui BNI payroll, BNI corporate card, dan penyaluran kredit consumer (BNI Fleksi, BNI Griya, dan BNI Oto). “Dengan layanan yang diberikan, diharapkan dapat memberikan sinergi yang positif bagi masing-masing BUMN,” kata Susi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar