Sabtu, 17 Oktober 2015

Menerapkan Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

20.50




Menerapkan Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad SAW
orang2 pasti sudah tau & sudah mengenal Baginda Nabi Muhammad SAW. Semua perbuatan beliau memang ditujukan untuk kebaikan, patut dicontoh semua manusia dan tidak ada satupun manusia yang dapat membantahnya. Sejarah menarik dari Baginda Nabi tdk hanya sebatas penyebaran agama Islam maupun peperangan, namun kebiasaan hidup sehat Baginda Nabi juga sangat menarik untuk di kupas.

Berikut ini akan sedikit saya ungkap pola hidup sehat yang selalu dilakukan Nabi Muhammad SAW dan semoga saja artikel ini mampu menginspirasi anda agar menerapkan pola hidup sehat lebih dari biasanya.

1. Rasulullah tdk makan sebelum lapar datang serta tak berlebihan porsi makanya.
Pola hidu  yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini benar - benar dapat dijadikan tauladan untuk umat masa sekarang. Satu diantaranya yaitu Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah.

2. Rasulullah Duduk disaat minum
Ketika merasa haus Rasulullah biasa minum air dengan posisi duduk terlebih dulu. Kebiasaan itu telah terbukti menyehatkan berdasarkan ilmiah yang mana ketika kita meminum air pada posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air.

3. Nabi Muhammad SAW makan dengan menggunakan tangan kanan
Makan dengan tangan kanan tak hanya sekedar kebiasaan akan tetapi juga berdasar sebuah penelitian ini juga salah satu gaya hidup yang sehat. Ketika makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan berpikir. Sedangkan ketika makan menggunakan tangan kiri maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. Jadi makan dengan menggunakan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian.

4. Baginda Nabi cepat tidur dan cepat bangun.
Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah SAW akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah shalat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk shalat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan dalam pengertian dalam keseimbangan.

5. Rasulullah sering berpuasa
Menurut sebuah penelitian berpuasa adalah sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Ini merupakan sebuah cara sehat yang belum diketahui orang-orang zaman sekarang.

0 komentar