Jumat, 07 September 2018

Perlukah Menggunakan Iklan Untuk Mendongkrak Penjualan ?

Beriklan merupakan salah satu cara promosi yang sangat efektif. Jika kita perhatikan, hampir semua aspek dalam kehidupan kita mengandung iklan. Saat kita menonton televisi, membaca berita di koran, mengakses internet, bahkan saat kita berkendara di jalan raya, kita terus menerus disuguhi iklan. Kemampuan iklan sebagai media persuasi tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak produk yang membuktikan jika iklan yang baik dan tepat sasaran akan mampu mempengaruhi tingkat penjualan sebuah produk.


perlukan menggunakan iklan

Menurut informasi dari blog Mazariegos, biaya untuk memproduksi dan mempublikasikan sebuah iklan tidaklah sedikit. Bagi perusahaan berskala besar, biaya untuk beriklan tentunya sudah diperhitungkan sedemikian rupa dan telah dicantumkan dalam budget tahunan. Namun bagaimana dengan perusahaan atau usaha kelas kecil dan menengah? Perlukah kita beriklan untuk menaikkan penjualan? Atau beriklan justru menghabiskan uang yang sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk proses produksi?

Berbagai pertanyaan di atas hanya dapat dijawab oleh Anda sendiri. Sebagai seorang entrepreneur, tentunya kita sendirilah yang mengetahui bagaimana keadaan bisnis kita. Anda dapat mempertimbangkan berbagai keuntungan dan kerugian dalam beriklan dengan menuliskannya dalam selembar kertas. Pada satu sisi kertas, Anda dapat menuliskan sebanyak mungkin benefit yang akan Anda dapatkan ketika beriklan.

Setelahnya, coba untuk menuliskan berbagai kerugian yang akan Anda alami ketika Anda beriklan. Setelah kertas Anda penuh terisi, coba Anda bandingkan keduanya. Apakah sisi benefit lebih banyak daripada sisi kerugian? Atau justru sebaliknya? Untuk beriklan, sebenarnya hanya tiga hal yang perlu kita persiapkan, yakni: waktu, informasi, dan uang.

Ketiganya adalah mutlak dan seimbang, tidak ada salah satu yang lebih penting maupun lebih tidak penting dari yang lain. Dengan tiga “senjata” tersebut, sebuah iklan niscaya akan efektif dan mampu memberikan hasil yang baik untuk menaikkan penjualan. Uang yang melimpah dalam produksi sebuah iklan tidak akan berguna jika ternyata iklan dikerjakan dengan terburu- buru sehingga informasi yang terkandung di dalamnya tidak tepat. Informasi yang baik pun menjadi tidak bekerja maksimal jika tidak ada uang dan juga waktu yang cukup untuk mengerjakannya.

Jadi, beriklan atau tidak adalah keputusan Anda sendiri. Sudah siapkah Anda untuk menginvestasikan uang, waktu, dan informasi yang benar untuk menghasilkan iklan yang efektif?

Hal yang harus diperhatikan dalam beriklan

Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan iklan sebagai pendongkrak penjualan, sebaiknya pahami dulu beberapa hal yang harus di perhatikan

Tentukan Target Iklan

Perta yang harus diperhatikan adalah target dari iklan, meliputi usia, faktor, hobi, tempat tinggal, gender dan lain sebagainya. Misalnya saja ingin iklan untuk produk asuransi pendidikan yang bagus maka iklan tersebut lebih tepat jika diatur untuk usia 30 sampai 55 tahun, gender pria dan wanita, tempat tinggal di kota besar dan lain sebagainya. Dengan begitu iklan yang anda buat lebih tepat sasaran.

Tentukan Jam Tayang Iklan
Menentukan jam tayang iklan merupakan faktor yang tidak boleh diabaikan. Anda harus bisa memastikan kapan waktu yang tepat agar iklan terbaca oleh target. Coba lihat iklan bukalapak dan Gojek di televisi, iklan lebih sering muncul di waktu santai, sekitar jam 6 sore sampai 9 malam.

Media Iklan
Banyak sekali media iklan yang bsia anda gunakan, seperti media online, surat kabar, radio, televisi, sosial media dan sebagainya. Anda harus tau dimana biasanya target terbanyak singgah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar